Langkah-langkah
Penyusunan RPP Tahun 2013 untuk
Pendidikan
Sekolah Dasar ( SD )
Kurikulum tahun 2013
adalah terobosan baru dari satuan pendidikan di Indonesia. Pada Undang- Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang system Satuan Pendidikan Nasional telah mengadopsi
taksonomi dalam bentuk rumusan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penerapan teori
Taksonomi dalam tujuan pendidikan di berbagai negara dilakukan secara adaptif
sesuai dengan kebutuhannya masing- masing.
Menurut Permendikbud
No. 65 Tahun 2013 tentang standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (
RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau
lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran
peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Pengembangan RPP dapat
dilakukan pada awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP
tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran.Kurikulum
2013 SD melaksanakan pembelajaran Tematik Terpadu dan prosesnya menerapkan
pendekatan saintifik. Penerapan pembelajaran Tematik terpadu dengan pendekatan
saintifik membawa implikasi perubahan dalam pembelajaran di SD. Perubahan ini
mengakibatkan perubahan pada perencanaan pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran,
system penilaian, buku siswa, buku guru, program remedial serta pengayaan dan
sebagainya.
Dalam pembuatan RPP mengambil pedoman dari silabus. Yang didalamnya memuat tentang
Kompetensi inti adalah inti pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh Negara untuk jenjang SD/SMP/SMA.
Kompetensi dasar adalah rumusan yang dibuat dari tim dari pusat yang dijadikan acuan bagi para guru, yang dalam penyusunannya tidak boleh diubah namun dapat dikembangkan.
Indikator adalah komponen penilaian yang dibuat oleh guru yang dapat diubah sesuai keperluan. Sifat indikator , operasional dalam pembelajaran sifatnya dapat diukur.
Pada standar proses kegiatan pembelajaran terdiri dari langkah- langkah yang memuat unsur kegiatan pendahuluan /pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Kegiatan Pendahuluan meliputi bagaimana guru menyiapkan peserta didik dalam proses pembelajaran secara fisik dan mental. Selanjutnya menggali pengetahuan awal peserta didik dan siswa diarahkan dalam pembelajaran yg dilakukan sekaligus tujuan yang hendak dicapai dan yang terakhir menyampaikan secara garis besar cakupan materi dan penjelasan materi tersebut.
Kegiatan Inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang memotivasi peserta untuk secara aktif menjadi pencari informasi serta memberikanan ruang yang cukup bagi prakarya, kreativitas, kemandirian sesuai minat. Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan muatan pelajaran yang terdiri atas :
observasi, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan.
Kegiatan Penutup dalam hal ini guru bersama - sama dengan siswa / sendiri membuat simpulan dari materi pembelajaran dan memberikan pengayaan atau refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan, dengan pemberian tugas sesuai hasil belajar dan menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.
Komponen dan sistematika RPP
Menurut Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 Lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran (Kemdikbud,2013 : 38) RPP paling sedikit memuat
Kegiatan Pendahuluan meliputi bagaimana guru menyiapkan peserta didik dalam proses pembelajaran secara fisik dan mental. Selanjutnya menggali pengetahuan awal peserta didik dan siswa diarahkan dalam pembelajaran yg dilakukan sekaligus tujuan yang hendak dicapai dan yang terakhir menyampaikan secara garis besar cakupan materi dan penjelasan materi tersebut.
Kegiatan Inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang memotivasi peserta untuk secara aktif menjadi pencari informasi serta memberikanan ruang yang cukup bagi prakarya, kreativitas, kemandirian sesuai minat. Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan muatan pelajaran yang terdiri atas :
observasi, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan.
Kegiatan Penutup dalam hal ini guru bersama - sama dengan siswa / sendiri membuat simpulan dari materi pembelajaran dan memberikan pengayaan atau refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan, dengan pemberian tugas sesuai hasil belajar dan menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.
Komponen dan sistematika RPP
Menurut Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 Lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran (Kemdikbud,2013 : 38) RPP paling sedikit memuat
- Tujuan pembelajaran.
- Materi Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Sumber Belajar
- Penilaian
Rencana Pelaksanaan Pemebelajaran
Satuan Pendidikan .... :
Kelas/semester ...........:
Tema/sub....................:
Alokasi waktu...............:
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
- .............. (KD pada KI-1)
- ..............(KD pada KI-2)
- ..............(KD pada KI-3)
4. ..............(KD pada KI-4)
indikator .....
C. Tujuan Pemeblajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media, Alat dan Suber Pembelajaran.
- Media
- Alat / Bahan
- Suber Pembelajaran
1. Pertemuan (ke..)
a. Pendahuluan (menit... )
b. Inti(menit... )
c. Penutup (menit... )
H. Penilaian
- Jenis / Tehnik Penilaian
- Bentuk Instrumen dan Instrumen
- Pedoman Penskor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar